Ibu Hamil Trisemester 1

Morning Sickness di Kehamilan Trisemester 1

 

Morning SicknessUntuk ibu yang baru pertama kali hamil, akan menghadapi banyak kejadian luarbiasa dan ajaib. Di trisemester 1 masa kehamilan biasanya ibu hamil akan mengalami, MUAL atau biasa disebut “Morning Sickness”

 

Walau namanya ‘Morning Sickness’ Mual dan muntah berlebihan, bisa terjadi sepanjang hari disertai dengan nyeri di ulu hati, lemas hingga ibu hamil tidak kuat bergerak, hanya berbaring saja. Beberapa kasus, morning sickness ini bisa membuat ibu hamil terserang dehidrasi, berat badan bukannya naik, namun turun.

 

Pada umumnya ibu hamil akan mengalami morning sickness dengan kadar yang berbeda-beda. Ada yang di serang di pagi hari, di siang hari atau malam hari. Ada ibu hamil yang masih bisa makan, ada pula yang sampai nggak bisa mengonsumsi makanan/air sama sekali. Tapi tidak semua ibu hamil merasakan morning sickness, karena ada sebagian ibu yang tidak merasakan sama sekali.

Apa penyebab “Morning Sickness?”

Para ahli kedokteran belum mengetahui secara spesifik apa penyebab morning sickness, namun para dokter menduga MS terjadi akibat kadar ‘Hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG)’ yang ada didalam tubuh meningkat dari biasanya. hCG merangsang dinding lambung yang mengakibatkan mual dan merangsang gula di dalam tubuh ber-produksi lebih cepat yang akan mengakibatkan ibu hamil, mengalami rasa lapar yang diiringin mual.  Biasanya setelah lewat masa trisemester 1, kadar hormon ibu hamil akan kembali normal dan MS ini akan pberkurang dan akhirnya hilang dengan sendirinya.

 

Bagaimana cara mengatasi “Morning Sickness?”

Atasi MS dengan pengaturan pola makan yang baik. Dan untuk beberapa kasus ibu hamil yang mengalami nya sangat parah, biasnaya DSOG akan memberikan vitamin yang akan membantu ibu dan janin agar kuat (konsultasikan ke DSOG anda)

 

Baca Artikel Terkait: Kesehatan Wanita Hamil

Leave a Reply

Klik LIKE untuk Berdiskusi :-)