Manfaat Pijat Refleksi.

Manfaat Pijat Refleksi bagi ibu menyusui

Tahukah anda bahwa pijat refleksi dapat membuat seseorang merasa nyaman dan bermanfaat bagi tubuh? Apalagi kalau tubuh terasa lelah, penat karena pekerjaan sehari-hari. Tapi setelah kita pijat refleksi tubuh terasa ringan,nyaman dan relaks…  betul… ?

 

Ternyata Pijat Refleksi juga berguna bagi ibu yang sedang menyusui. Hayooo kenapa? koq bisa sich?

Meski data ilmiah mengenai refleksiologi masih kurang, tapi ada beberapa bukti yang menunjukkan refleksiologi seperti pijat dan relaksasi bisa membantu meningkatkan laktasi pada ibu menyusui loh …

Sebelumnya saya jelaskan dulu yach, apa sich Refleksi itu.. ?

Refleksiologi adalah metode penyembuhan alami yang menggunakan tekanan, sentuhan atau pijatan di titik-titik lokasi tertentu di tangan, kaki atau telinga yang bertujuan meningkatkan kesehatan.

 

Disalah satu cabang refleksiologi dikenal dengan maternity reflexology . Hmm… apa yach itu… ?

Maternity reflexology ( Refleksi bersalin) adalah keahlian dari Praktisi Refleksi dalam menggunakan terapi alami (reflekxology) untuk mendukung kehamilan & persalinan. Sedangkan peranan dari Maternity reflexology itu adalah untuk membantu seorang wanita untuk hamil dan melahirkan dan juga dapat membantu si ibu untuk menghindari kekhawatiran atau stres setelah melahirkan

 

Studi yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Nursing and Midwifery tahun 2000 menemukan refleksi bisa menjadi alat yang efektif untuk membantu ibu jadi santai dengan memelihara tubuh, pikiran dan jiwa sehingga mampu meningkatkan dan mempertahankan laktasi. Studi ini juga menemukan volume air susu ibu (ASI) meningkat sebesar 88 persen pada ibu menyusui yang menerima terapi refleksiologi sebanyak 10 kali.

 

Namun sebaiknya ibu yang menyusui melakukan refleksi ini pada ahlinya supaya mendapatkan manfaat yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat ya ^_* (IIB/FG2011)

 

 

 

One Response to “Manfaat Pijat Refleksi.”

Leave a Reply

Klik LIKE untuk Berdiskusi :-)