Nutrisi Untuk Ibu Hamil

5 Pilihan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil perlu sekali menjaga nutrisi makanannya. Dan juga penting mengetahui porsi makanan yang dimakan apakah sudah memenuhi kebutuhan ibu dan janin? Atau belum.

 

Identik di masyarakat kalau ibu hamil harus makan dengan porsi double. Well, tidak perlu seperti itu, 1 porsi makan sudah cukup, TAPI menu makanannya haruslah bermutu untuk kesehatan ibu dan janin.

 

Smart parents, Info ibu balita akan memberikan contoh pilihan makanan  dengan nutrisi yang tinggi yang baik untuk ibu hamil. Di anjurkan ibu hamil mengonsumsinya setiap hari:

1.       Ibu hamil memerlukan Protein yang tinggi untuk membangun sel-sel tubuh janin, menambah berat badan janin, membentuk organ tubuh janin dan membentuk hormon ibu dan janin. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi 40% protein dari kalori dalam sehari.

Protein bisa ibu temukan di: Sepotong daging sapi, 2 potong tempe/tahu, Sepotong sedang hati sapi, sepotong ayam, 2 butir telur ayam, keju, yogurt, ikan.

 

2.       Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi ibu hamil dan pertumbuhan janin. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi 20% karbohidrat dari kalori harian.

Karbohidrat bisa ibu temukan di: Roti, Mie, Pasta, Nasi, Sereal dan Umbi2an.

 

3.       Ibu hamil membutuhkan kalsium 1000 miligram per hari.  Penting untuk pertumbuhan otot, saraf, darah, jantung dan sistem enzim janin untuk mencegah keracunan pada saat kehamilan, juga mampu membantu tulang ibu agar tidak mudah rapuh. Biasanya kalsium bisa di dapat dari mengonsumsi segelas susu, keju, yogurt, brokoli, ikan salmon, dll.

 

4.       Serat. Fungsinya agar ibu hamil terhindar dari sembelit. Bisa di dapat dari buah mangga, pepaya, gandum, kacang-kacangan.

 

5.       Asam Folat. Berfungsi untuk pembentukan organ janin, untuk menghindari gangguan perutmbuhan otak serta mencega cacat tulang belakang.

 

Baca Artikel Terkait: Informasi Kesehatan Janin

3 Responses to “Nutrisi Untuk Ibu Hamil”

Leave a Reply

Klik LIKE untuk Berdiskusi :-)