Penyebab Mata Belekan

Belek atau belekan adalah penyakit yang menyebabkan mata berair dan banyak mengeluarkan kotoran mata. Kondisi ini biasanya dialami oleh anak bayi.

 

Adapun penyebab yang menimbulkan belekan terjadi adalah, sebagai berikut:

1. Infeksi jalan lahir.

Biasanya, infeksi jalan lahir dialami oleh bayi saat proses persalinan berlangsung. Tindakan yang diberikan oleh Dokter, biasanya memberikan obat yang sesuai dengan penyebab infeksinya.

2. Terjadi penyumbatan pada saluran air mata bayi.

Kondisi seperti ini akan menghambat aliran air mata bayi ke rongga hidung, sehingga mata bayi pun berair terus-menerus.  Genangan air inilah yang bisa mengundang kuman penyebab infeksi.

 

Tindakan yang perlu di lakukan bila bayi Anda mengalami belekan.

Jangan panik dulu. Anda perlu memperhatikan apakah belekan yang terjadi normal atau tidak. Jika masih normal, artinya hanya sedikit belek pada mata bayi di pagi hari dan tidak sampai mengganggu (membuat mata bayi lengket), maka Anda tidak perlu khawatir. Cukup dibersihkan saja matanya menggunakan kapas dan air hangat. Arahnya dari bagian dalam ke arah luar mata.

 

Namun, jika belek bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan matanya menjadi lengket, cobalah mengompres matanya dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat.  Biasanya, kotoran yang membuat mata bayi lengket akan lebih mudah dibersihkan. Jangan sekali-sekali menggunakan cairan pembersih mata atau obat mata tetes.

 

Cara Mengatasi Tersumbatnya Saluran Air Mata.

Lakukan pemijatan secara halus di bagian dalam mata dekat dengan pangkal hidung bayi untuk membantu ‘membuka’ saluran air mata yang tersumbat, caranya sebagai berikut:

- Cuci tangan Anda sebelum memijat.

- Pijat dengan halus, dan usahakan jangan sampai kuku jari tangan Anda melukai kulit bayi yang masih rentan. Dan jangan terlalu keras saat memijatnya karena otos bayi masih sangat tipis. Pijat seperti mengusap-ngusap.

- Lakukan pijatan lembut dengan melakukan gerakan putar-putar di pangkal hidung nayi anda atau menggerakkan ibu jari dari pangkal hidung  bayi (sudut mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah).  Lakukan pijat hidung bayi ini 2 – 3 kali sehari.

- Lakukan dengan telaten agar jalur air matanya menjadi kering.

 

Kapan Harus Mengunjungi Dokter?

Segera bawa anak anda ke dokter, jika belekan lebih dari tiga hari. Konsultasikan semua gejala yang muncul adar Dokter. Biasanya, bila infeksi yang terjadi menyebabkan matanya agak kemerahan. Biasanya Dokter akan memberi obat untuk membantu mengatasi infeksi. (SA/2013)

 

Baca Artikel Terkait: Makanan Untuk Bayi Usia 6 – 7 Bulan

Leave a Reply

Klik LIKE untuk Berdiskusi :-)